Sebanyak 6,8 Juta Tiket Terjual untuk Olimpiade Paris 2024

25 Mei 2023 13:19
Penulis: Habieb Febriansyah, sport
Logo Olimpiade Paris 2024 (olympics.com)

Sahabat.com - Penyelenggara Olimpiade Paris 2024 mengonfirmasi sebanyak 6,8 juta tiket telah terjual untuk pesta olahraga terbesar sedunia tersebut.

Dikutip dari laman resmi Komite Olimpiade Internasional (IOC), Kamis, jumlah tersebut ialah 70 persen dari 10 juta tiket Olimpiade yang telah disiapkan.

Penjualan tiket tahap kedua untuk Olimpiade Paris 2024 berakhir pada Jumat (19/5), dan dinilai merupakan sebuah pencapaian rekor penjualan baru, termasuk lebih dari satu juta tiket terjual dalam 36 jam.

"Keberhasilan penjualan tiket lebih baik dari yang pernah kami bayangkan," kata Presiden Panitia Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024, Tony Estanguet.

Fase kedua hanya dapat diakses di seluruh dunia melalui sistem undian. Semua acara dalam program Olimpiade, termasuk semua final serta upacara pembukaan dan penutupan tersedia dalam fase pengundian dan penjualan tersebut.

Publik Prancis mewakili dua pertiga pembeli, dengan 63,5 persen pembeli tinggal di Prancis dan 36,5 persen di luar negeri. Sementara, publik dari 178 negara membeli tiket Olimpiade selama fase kedua ini.

Rata-rata usia pembeli adalah 40 tahun, dan 45 persen adalah perempuan. Selain itu, olahraga beregu masih menjadi favorit para calon penonton nantinya di Olimpiade Paris mendatang.

Cabang olahraga yang paling banyak diminati adalah sepak bola, bola basket, bola tangan, atletik, dan bola voli. Selain itu, tiket untuk cabang olahraga thriathlon, sport climbing, BMX Racing, BMX Freestyle atau breaking semuanya terjual pada hari pertama penjualan (11/5), dalam waktu kurang dari dua jam.

"Fase berikutnya dari (penjualan) tiket Olimpiade akan diadakan musim panas ini. Prosedur untuk fase baru ini – tanpa undian – akan ditentukan dalam beberapa minggu mendatang," tambah Estanguet.

Di sisi lain, Paralimpiade 2024 juga akan digelar di Prancis untuk kali pertama. Mengusung tema kegembiraan dan harapan, Paralimpiade 2024 akan diselenggarakan dari 28 Agustus hingga 8 September.

Penjualan tiket Paralimpiade sendiri akan dibuka pada 9 Oktober melalui platform ticket.paris2024.org.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment